Andrianie’s Blog

MULTIPLIER

The Multipler is the reciprocal of the marginal propensity to consume

False, karena pengganda bukan kebalikan dari kecenderungan mengkonsumsi marjinal melainkan yang menentukan multiplier.

Multiplier (Pengganda), Keynes mendefinisikan Multiplier sebagai “Rasio pasti … antara pendapatan dan investasi serta, subyek penyederhanaan tertentu, antara jumlah pekerjaan dan tenaga kerja yang dipekerjakan pada investasi langsung …”

Angka pengganda menggambarkan perbandingan diantara jumlah pertambahan/pengurangan dalam pendapatan nasional dengan jumlah pertambahan/pengurangan dalam pengeluaran agregat yang telah menimbulkan perubahan dalam pendapatan nasional.

Pendapatan nasional berubah sebagai akibat dari perubahan nilai komponen, yaitu:a).Investasi, b)Konsumsi, c)pengeluaran pemerintah, d)eksport dan import.

Perubahan pendapatan agregat sama dengan perubahan konsumsi ditambah perubahan investasi . karena perubahan konsumsi tergantung pada perubahan dalam investasi, kita dapat menghapus konsumsi dari persamaan. Perubahan dalam pendapatan agregat sama dengan pengganda investasi kali perubahan investasi.

Pendapatan nasional berubah sebagai akibat dari perubahan nilai komponen sebagai berikut :a) Investasi, b) Konsumsi, c) Pengeluaran pemerintah dan d) Ekspor Impor

Multiplier investasi berkaitan dengan kecenderungan mengkonsumsi marjinal: kecenderungan marjinal mengkonsumsi adalah 1 dikurang (satu dibagi dengan pengganda investasi)

Dalam  berikut menunjukkan perubahan; C = konsumsi; MPC = kecenderungan mengkonsumsi marjinal; I = investasi; Y = pendapatan; k = investasi penggali).

C = MPC (Y), perubahan dalam konsumsi sama dengan kecenderungan mengkonsumsi marjinal kali erubahan pendapatan)

Y = kI, perubahan pendapatan sama dengan pengganda investasi kali perubahan investasi

Y = C + I, perubahan pendapatan juga sama dengan perubahan konsumsi ditambah perubahan investasi

Oleh Karena itu, pengganda investasi kali perubahan investasi sama dengan kecenderungan mengkonsumsi marjinal kali pengganda investasi kali perubahan investasi, lebih jelasnya: kI = MPC (kI) + I kI – MPC

(kI) = I kI (1 – MPC) = I

1 – MPC = 1 / k

MPC = 1 -1 / k

Fungsi investasi otonomus berubah menjadi I1 = 250, Konsumsi = 100 dan MPC = 100 + 0,8, sehingga pengeluaran agregat juga berubah menjadi: AE1 = C + I1 = 100 + 0,8Y + 250 = 350 + 0,8Y Output keseimbangan yang baru (Y1) adalah : Y = AE = 350 + 0,8Y1 0,2Y1 = 350 Y1 = 1750 Y = Y1 – Y = 1750 – 1500 = 250

Penambahan investasi otonomus sebesar 50 menyebabkan Y meningkatkan sebesar 250. Kasus ini menunjukan bahwa perubahan pengeluaran otonomus (A), yaitu : konsumsi otonomus (C0) dan atau investasi otonomus (I0), telah menyebabkan penambahan Y berlipat ganda. Artinya penambahan pengeluaran otonomus menimbulkan efek pelipatgandaan terhadap output keseimbangan (Y). Efek inilah yang disebut sebagai efek pelipatgandaan atau efek multiplier.

Konsep ini menunjukan bahwa perubahan pengeluaran otonomus sebesar satu unit akan mengubah output keseimbangan beberapa kali lipat besarnya perubahan pengeluaran otonomus (A). Dalam kasus diatas, penambahan A (I0 atau C0) sebesar 50 unit, telah menambah Y, sebesar 250 unit. Y = Y / A = 5. Angka 5 disebut sebagai angka pengganda. Sehingga dapat diasumsikan bahwa angka pengganda ditentukan oleh besarnya angka MPC.

 

 

Referensi :

Sadono Sukirno, Pengantar Teori Makro Ekonomi

http://scandalum.wordpress.com/2007/10/17/10-the-marginal-propensity-to-consume-and-the-multiplier/

Prathama Rahardja, MandalaManurung, Teori Ekonomi Makro

 

 

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: