Andrianie’s Blog

November 4, 2009

Ekonomi Tahun 2006

Filed under: Uncategorized — andrianie @ 10:00 am

Tantangan pokok yang dihadapi oleh perekonomian Indonesia pada tahun 2006 masih besar. Dampak dari kenaikan bbm  menyebabkan inflasi tinggi, daya beli rendah dan nilai tukar rentan. Artinya: Apabila Harga minyak dunia perbarelnya naik maka akan menaikan biaya transportasi dan itu membuat harga barang-barang umumnya ikut menjadi naik sehingga mempengaruhi daya beli masyarakat.

Tantangan tersebut adalah: 1).meningkatkan stabilitas ekonomi terutama dalam menjaga stabilitas harga dan nilai tukar rupiah. Tantangan ini cukup berat dengan masih besarnya tekanan eksternal terutama harga minyak dunia yang diperkirakan masih tinggi dan kemungkinan berlanjutnya siklus pengetatan moneter di negara-negara maju yang diperkirakan masih berlangsung paling tidak sampai dengan semester I/2006.  Sementara itu ekspektasi masyarakat terhadap inflasi masih tinggi berkaitan dengan rencana penyesuaian harga barang dan jasa yang dikendalikan oleh pemerintah (administered price) serta kenaikan gaji dan upah yang diberlakukan awal tahun 2006. 2). Meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang cenderung melambat. Perlambatan ini antara lain disebabkan oleh permintaan domestik yang melemah, tercermin dari menurunnya kepercayaan konsumen, terbatasnya ekspansi fiskal, dan meningkatnya suku bunga di dalam negeri. 3) Meningkatkan kemampuan ekonomi untuk menciptakan lapangan kerja yang semakin luas dan mengurangi kemiskinan.

Untuk menghadapi tantangan-tantangan pokok tersebut pemerintah mengeluarkan kebijakan fiskal diantaranya adalah pemberian BLT (Bantuan Langsung Tunai), setiap masyarakat diberikan BLT untuk menjaga daya beli masyarakat, Bea masuk bahan baku dan komponen industri alat-alat berat dibebaskan efektif November 2005; Bea masuk gula diringankan, raw sugar dari Rp 550/kg menjadi Rp 250/kg, gula rafinasi dan gula putih masing-masing dari Rp 790/kg menjadi Rp 530/kg, efektif November 2005, Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) dinaikkan 10 persen, Januari 2006; Tarif mobil kendaraan penumpang umum diturunkan, efektif November 2005; Pembatalan perda mengenai pajak dan retribusi yang menghambat dunia usaha dipercepat.

Dari sisi pajak jelas jika mengubah tarif pajak yang berlaku akan berpengaruh pada ekonomi. Jika pajak diturunkan maka kemampuan daya beli masyarakat akan meningkat dan industri akan dapat meningkatkan jumlah output. Dan sebaliknya kenaikan pajak akan menurunkan daya beli masyarakat serta menurunkan output industri secara umum.

Kebijakan Moneter adalah suatu usaha dalam mengendalikan keadaan ekonomi makro  melalui pengaturan jumlah uang yang beredar dalam perekonomian. Usaha tersebut dilakukan agar terjadi kestabilan harga dan inflasi serta terjadinya peningkatan output keseimbangan. Untuk mengendalikan uang yang beredar pemerintah dapat: 1) Membeli atau menjual surat berharga pemerintah, 2) meningkatkan suku bunga bank. 3). Mengatur ketersediaan uang tunai. Yang dimaksudkan untuk meningkatkan rendahnya investasi. Dengan penurunan suku bungan, maka kesempatan perusahaan untuk melakukan perluasan usahanya semakin besar sehingga akan membuka lapangan kerja baru dan mengurangi pengangguran.

Selain itu, Iklim investasi pun perlu segera ditingkatkan agar mampu menarik penanaman modal baik dalam negeri maupun luar negeri. Berbagai faktor pokok yang selama ini menghambat investasi antara lain prosedur perijinan yang panjang dan lama, ketidakpastian hukum, tumpang tindih kebijakan antara pusat dan daerah serta antar sektor, iklim ketenagakerjaan yang belum kondusif bagi penciptaan iklim usaha yang sehat, administrasi perpajakan dan kepabeanan yang berbelit, serta dukungan infrastruktur yang kurang memadai perlu ditangani dengan segera. Pembenahan sektor riil ini semakin penting dengan semakin ketatnya persaingan antar negara untuk menarik investasi. Oleh karena itu pemerintah  memperpendek prosedur perijinan dan  mengurangi biaya perijinan dalam rangka mendorong usaha kecil dan menengah.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: