Andrianie’s Blog

Oktober 1, 2009

Permintaan dan Penawaran

Filed under: Uncategorized — andrianie @ 9:53 am

Permintaan

Permintaan mencerminkan perilaku konsumen dalam membeli barang/jasa tertentu, yang  artinya keinginan saja tidak mencukupi syarat untuk terciptanya permintaan.

Permintaan merupakan  kurva atau fungsi yang menunjukkan jumlah barang yang diminta konsumen pada berbagai tingkat harga barang itu sendiri. Perilaku permintaan konsumen tunduk pada apabila harga suatu barang naik maka jumlah yang diminta konsumen bertambah dan sebaliknya apabila harganya turun maka jumlah yang diminta berkurang sehingga menyebabkan kurva permintaan berslope negative atau miring dari kiri atas ke kanan bawah.

Selain itu pengertian permintaan haruslah didasari asumsi bahwa faktor-faktor selain harga barang tersebut yang juga ikut menentukan jumlah yang diminta konsumen tidak berubah (caterius paribus). Contoh : Terjadi kanaikan harga beras yang semula adalah Rp. 4.000 menjadi Rp. 4.500 per kilogram, kemungkinan jumlah beras yang diminta akan tetap atau bahkn naik ketika pendapatan konsumen meningkat.

Contoh
Pergeseran kurva permintaan akibat dari perubahan pendapatan masyarakat.

Pendapatan masyarakat mula-mula Rp.30,00 jumlah yang diminta 40 unit. Pendapatan meningkat Rp.40,00 jumlah permintaan naik menjadi 50 unit. Pendapatan turun menjadi Rp.20,00 jumlah permintaan menjadi 30 unit.

Apabila factor-faktor yang dianggap tetap tersebut berubah, maka akan menyebabkan terjadinya perubahan permintaan. Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan permintaan tersebut:

Pendapatan konsumen, pendapatan konsumen turut menentukan jumlah barang yang diminta . akibabtnya konsumen akan mampu membeli barang dalam jumlah yang lebih besar atau sebaliknya. Contoh : pada saat menjelang Idul Fitri, biasanya para karyawan akan menerima tambahan pendapatan berupa tunjangan hari raya (THR).

Selera konsumen, Tingginya selera konsumen terhadap barang akan menyebabkan jumlah barang yang dibeli cenderung meningkat dan sebaliknya. Semakin pentingnya kebutuhan alat komunikasi membuat selera kalangan anak muda terhadap kepemlikan telepon meningkat.

Harga barang pengganti , Harga barang pengganti turut menentukan jumlah yang diminta konsumen. Berkurangnya jumlah barang yang diminta disebabkan karena konsumen lebih memilih membeli barang pengganti yang harganya menjadi relatif lebih murah.

Perkiraan harga dimasa yang akan datang , Perkiraan konsumen terkait dengan harga barang dimasa yang akan datang turut menentukan jumlah barang yang diminta konsumen. Contoh, dugaan bahwa bensin akan naik, maka pada harga bensin hari ini yaitu sebesar Rp.5.000,- per liter.

Penawaran

Penawaran mencerminkan pola perilaku produsen dalam menjual suatu jenis barang atau jasa tertentu.

Hukum penawaran berbunyi: “Apabila harga suatu barang atau jasa naik, maka jumlah yang ditawarkan produsen akan bertambah dan sebaliknya. Apabila harga suatu barang atau jasa turun , maka jumlah yang ditawarkan produsen juga akan berkurang”.

Contoh:
Pergeseran kurva penawaran akibat perubahan harga barang.

kurva penawarn

Kurva Penawaran

– Pada saat harga Rp.30,00 jumlah unit yang ditawarkan sejumlah 40 unit.
– Pada saat harga naik menjadi Rp.40,00 jumlah barang yang ditawarkan meningkat menjadi 60 unit,   kurva bergeser ke kanan.
– Pada saat harga turun menjadi Rp.20,00 maka jumlah yang ditawarkan berkurang menjadi 25 unit, kurva   penawaran bergeser ke kiri.

Faktor-faktor yang mempengaruhi Penawaran:

Perubahan penawaran dicerminkan dari pergeseran kurva penawaran jika kurva penawaran jika kurva penawaran bergeser ke kanan berarti penawaran bertambah.

Harga bahan baku, harga bahan baku yang digunakan dalam proses produksi, menetukan besarnya biaya produksi.

Teknologi, Pemakaian teknologi baru dalam memproduksi suatu barang akan mengakibatkan biaya produksi kurang tersebut lebih murah.

Pajak atau subsidi, Pajak yang dibebankan kepada produsen/penjualan, akan dianggap sebagai tambahan biya produksi.

Jumlah produsen /penjualan, Jumlah produsen penjualan menentukan jumlah barang yang ditawarkan, semakin banyak penjual maka akan semakin besar jumlah barang yang ditawarkan.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: